Kwarcab Pramuka Probolinggo Gelar Aksi Pramuka Peduli Donor Darah - Lensa Update
Trending
Loading...

18/08/20

Kwarcab Pramuka Probolinggo Gelar Aksi Pramuka Peduli Donor Darah

Probolinggo, Lensaupdate.com - Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-59 tahun 2020, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Probolinggo menggelar aksi pramuka peduli donor darah di Rumah Dinas Wakil Bupati Probolinggo.

Kegiatan donor darah ini diikuti oleh 40 orang peserta dari anggota Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo yang terdiri dari pengurus Kwarcab, Brigade Penolong, DKC (Dewan Kerja Cabang) dan masyarakat.

Dari total 40 orang peserta tersebut diperoleh 32 kantong darah, karena ada 8 orang yang tidak lulus dari pemeriksaan. Ke delapan orang ini tidak diambil darahnya karena tensi atau Hb tidak memenuhi syarat. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Ketua Abdimas Humas Kak Didik S. Wahjudi, Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Edy Junaedi, Ketua BP 13.13 Alyafi serta pengurus PMI Kabupaten Probolinggo Sudjono dan Ismail Pandji.

Sebelumya aksi sosial donor darah kolaborasi pramuka dan PMI ini dilakukan di bulan Mei 2020, mengingat stok darah yang kosong di kantor PMI Kabupaten Probolinggo pada waktu itu dan terkumpul sebanyak 21 kantong darah.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Timbul Prihanjoko selaku Wakil Bupati Probolinggo dan juga Dewan Penasehat PMI Kabupaten Probolinggo memberikan apresiasi dan sangat mendukung kegiatan ini menjadi kegiatan rutin di Rumah Dinas Wakil Bupati Probolinggo. “Ini adalah kolaborasi yang sangat baik antara Pramuka dan PMI. Semoga kegiatan ini menjadikan motivasi dan melahirkan pendonor baru,” katanya,

Menurut Kak Timbul, kegiatan aksi pramuka peduli donor darah ini merupakan kegiatan yang dilakukan dalam rangka untuk memperingati Hari Pramuka ke-59 tahun 2020 di Kabupaten Probolinggo.

“Saat ini sebagian besar UUD (Unit Donor Darah) stock darahnya sangat minim karena pandemi COVID-19. Dengan kegiatan Pramuka ini semoga bisa membantu UDD PMI Kabupaten Probolinggo dalam hal ketersediaan darah,” tegasnya.

Salah satu peserta donor darah, Anang selaku Kepala SDN Rambaan Kecamatan Sumber mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat dan memotivasi banyak orang terlebih bagi kaum muda, karena lokasi berada di Rumah Dinas Wakil Bupati Probolinggo. “Terima Kasih Kak Timbul atas dukungan kegiatan ini, Insya Allah saya akan hadir rutin pada kegiatan ini kedepannya,” katanya.

Rencananya kegiatan donor darah ini akan dijadikan kegiatan rutin 3 bulan sekali. Kebetulan donor darah merupakan salah satu program kerja dari Brigade Penolong Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo tahun 2020 di Rumah Dinas Wakil Bupati Probolinggo. (Reny Kartika/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done