Kontak Erat dan Suspect, 12 Orang Terkonfirmasi Positif Virus Corona - Lensa Update
Trending
Loading...

15/08/20

Kontak Erat dan Suspect, 12 Orang Terkonfirmasi Positif Virus Corona

Kraksaan, Lensaupdate.com – Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo hingga Sabtu (15/8/2020) malam merilis orang terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo sebanyak 297 orang atau bertambah 12 orang dari sebelumnya sebanyak 285 orang dengan keterangan 33 orang masih dirawat dan menjalani isolasi, 252 orang sembuh dan 12 orang meninggal dunia. 

“Tambahan 12 orang terkonfirmasi positif COVID-19 ini masuk ke dalam Klaster Pelangi karena penularannya terjadi secara horizontal dan tidak jelas sumbernya dari mana dan Klaster KTI karena merupakan kontak erat dari kasus terkonfirmasi sebelumnya dari karyawan KTI Kota Probolinggo,” kata Juru Bicara Ketua Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto.

Anang merinci, 12 orang positif virus Corona ini diantaranya laki-laki berusia 35 tahun dari Desa Sumberkedawung Kecamatan Leces, perempuan berusia 22 tahun dari Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih, perempuan berusia 34 tahun dari Desa Pajarakan Kulon Kecamatan Pajarakan, perempuan berusia 29 tahun dari Desa Maron Wetan Kecamatan Maron dan perempuan berusia 27 tahun dari Desa Brumbungan Kidul Kecamatan Maron.

Selanjutnya, perempuan berusia 26 tahun dari Desa Sukokerto Kecamatan Pajarakan, laki-laki berusia 40 tahun, perempuan berusia 11 tahun, perempuan berusia 6 tahun, laki-laki berusia 41 tahun dan laki-laki berusia 51 tahun dari Desa Maron Kulon Kecamatan Maron serta perempuan berusia 26 tahun dari Desa Brani Wetan Kecamatan Maron.

“Dari jumlah ini, ada tambahan 12 orang terkonfirmasi positif COVID-19 terdiri dari 10 orang merupakan kontak erat dari kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sebelumnya dan 2 orang dari kasus suspect. Ke-12 orang ini dinyatakan positif terkonfirmasi COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab positif dari PCR (Polymerase Chain Reaction) Jember,” jelasnya.

Menurut Anang, untuk 10 orang terkonfirmasi positif COVID-19 yang masuk ke dalam OTG (Orang Tanpa Gejala) ini kondisinya sehat wal afiat. Terdiri dari 4 orang ASN dan 6 orang keluarga kontak erat dari kasus terkonfirmasi sebelumnya. Saat ini mereka sedang menjalani isolasi di rumah pengawasan Kabupaten Probolinggo dengan pengawasan ketat dari petugas medis Kabupaten Probolinggo.

“Sementara orang terkonfirmasi positif COVID-19 yang awalnya suspect saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit untuk diobati keluhan-keluhan klinisnya. Sambil nanti akan dilakukan pemeriksaan swab evaluasi dari yang bersangkutan,” terangnya.

Anang menambahkan untuk tracingnya kebetulan sudah dilakukan sebelumnya, karena mereka merupakan kontak erat dari kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sebelumnya. Artinya mereka adalah produk dari hasil tracing. Termasuk juga dengan mereka yang sebelumnya suspect sudah dilakukan tracing.

“Yang jelas kami sudah perintahkan tracingnya untuk diperdalam lagi setelah yang bersangkutan dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19. Tadi sebagian sudah dilakukan pemeriksaan swab lagi dari orang-orang yang kontak erat hasil dari pendalaman terkonfirmasi positif COVID-19,” pungkasnya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done