Tracking Dua Orang Terkonfirmasi Positif COVID-19 Sudah Dilakukan - Lensa Update
Trending
Loading...

15/05/20

Tracking Dua Orang Terkonfirmasi Positif COVID-19 Sudah Dilakukan

Kraksaan, Lensaupdate.com – Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto menyampaikan tracking dari dua orang terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (COVID-19) sudah dilakukan.

“Untuk tracking terhadap orang ke-37 terkonfirmasi positif COVID-19 ini tidak terlalu banyak karena dia langsung masuk ke tempat karantina pada waktu itu. Jadi kontaknya tidak terlalu luas,” kata Anang.

Menurut Anang, untuk lingkungan keluarga yang bersangkutan sudah ditracking dan keluarganya memang tertutup. Tapi yang bersangkutan baru datang dan belum banyak kontak dengan siapapun. “Dia datang dari Pondok Pesantren Al Fatah, Temboro, Magetan langsung masuk ke tempat karantina,” jelasnya.

Sementara untuk orang ke-38 terkonfirmasi positif COVID-19 yang merupakan tenaga kesehatan Puskesmas Sumberasih ini terang Anang, tracking dilakukan mulai dari teman kerjanya dan keluarganya serta orang-orang yang terdekat sudah dirapid test semua. “Ini termasuk penularan lokal yang berasal dari kemungkinan orang-orang yang berada di rumah pengawasan,” terangnya.

Terkait dengan banyaknya tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif COVID-19, Anang menyampaikan bahwa Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE sudah berulang-ulang kali menghimbau kepada para tenaga kesehatan.

“Pertama, supaya tenaga kesehatan APD (Alat Pelindung Diri)-nya dilengkapi dan sudah kita penuhi semua. Kedua, mereka sudah dilindungi dengan alat penyekat-penyekat inovasi sekat di setiap tempat layanan sudah kita lakukan,” tegasnya.

Hanya saja tambah Anang, ada faktor yang lain kadang-kadang justru mungkn di luar pelayanan kedisiplinan yang bersangkutan dalam menggunakan APD. Mungkin di luar tugasnya, dari kasus-kasus yang ada seperti itu. “Jadi kasus-kasus yang menimpa tenaga kesehatan ini justru kita menduga di luar dari pada saat melaksanakan tugasnya,” pungkasnya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done