Tidak Ada Perbaikan, Aktifitas Saat Lebaran di Zona Merah Dibatasi - Lensa Update
Trending
Loading...

18/05/20

Tidak Ada Perbaikan, Aktifitas Saat Lebaran di Zona Merah Dibatasi

Kraksaan, Lensaupdate.com - Daerah-daerah yang masuk zona merah ini kalau nantinya tidak ada perbaikan dan kondisinya tidak berubah, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo akan melakukan pembatasan aktifitas pada saat lebaran hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah.

“Artinya daerah yang masuk zona merah masih belum ada perbaikan yang lebih baik, maka satgas akan melakukan pembatasan aktifitas saat lebaran. Daerah-daerah ini nantinya akan menjadi bahan pertimbangan dalam pelaksanaan Sholat Idul Fitri pada tempat-tempat tertentu,” kata Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto.

Menurut Anang, dengan adanya zona merah penyebaran terkonfirmasi positif COVID-19 ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo sudah meminta masing-masing daerah tersebut untuk melakukan pembatasan-pembatasan dan sosialisasi-sosialisasi yang lebih masif.

“Perlu adanya suplay berupa pemberian bantuan masker yang lebih banyak dari pada daerah yang lain. Daerah zona merah ini perlu mendapatkan support-support yang lebih khusus,” jelasnya.

Melihat dengan masih banyaknya hasil swab yang masih belum keluar, terutama dari reaktif para pemudik, Anang menegaskan masih ada kemungkinan orang terkonfirmasi positif COVID-19 akan bertambah. “Apalagi sekarang masih banyak yang menunggu hasil swabnya dan sangat mungkin untuk ada penambahan ke depan,” terangnya.

Anang menerangkan untuk pelaksanaan check point yang ada di tingkat desa memang ada sedikit penurunan dibandingkan sebelumnya. Hal tersebut ditentukan oleh banyak faktor. Pertama mungkin suasana yang semakin mendekati lebaran. Kedua, mungkin energinya mereka dan ada keterbatasan-keterbatasan yang mereka miliki. Contohnya pada masalah penganggaran dan segalam macam.

“Tetapi tetap secara kebijakan satgas tetap mendorong semua sistem untuk melakukan mitigasi dengan baik para pemudik di Kabupaten Probolinggo, terutama menjelang hari raya Idul Fitri. Kebijakan Ibu Bupati semakin intens melakukan pengawasan di tempat umum. Contohnya di pertokoan dan pasar atau tempat-tempat keramaian lainnya,” pungkasnya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done