Pemkot Probolinggo Siapkan Kampung Tangguh Bencana - Lensa Update
Trending
Loading...

28/05/20

Pemkot Probolinggo Siapkan Kampung Tangguh Bencana

Probolinggo, Lensaupdate.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo bersinergi dengan Polresta Probolinggo dan Kodim 0820 Probolinggo sedang menyiapkan pembentukan Kampung Tangguh Bencana di lima kecamatan di Kota Probolinggo.

Upaya ini merupakan bagian dari persiapan menuju kehidupan “new normal” sesuai arahan pemerintah pusat. Nantinya kampung tangguh ini akan disiapkan di masing-masing kelurahan di Kota Probolinggo. Sebagai tahap awal, masing-masing kecamatan akan memiliki minimal 1 atau 2 kampung tangguh yang nantinya bisa dicontoh oleh semua kelurahan.

“Kita tahu kondisi di lapangan, orang lebih takut lapar daripada takut terpapar COVID-19. Mereka jelas menginginkan kondisi normal dalam beraktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehingga memang arahnya kesana secara bertahap dan berproses, tidak bisa secara tiba-tiba dilepas begitu saja karena juga beresiko,” ungkap Wakil Wali Kota Probolinggo Moh. Soufis Subri.

Menurutnya, dibutuhkan kesiapan pemahaman tentang COVID-19 dan implementasinya dalam menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, cuci tangan pakai sabun, social distancing, jika sudah mengakar dan disiplin baru dilakukan relaksasi ekonomi.

"Jadi new normal ini kita berbicara kesiapan implementasi protokol COVID-19, relaksasi pengetatan ekonomi yang ujungnya menekan dampak sosial yang muncul akibat pandemi tersebut. Semacam missiing link yg harus kita selesaikan secara simultan," tegasnya.

Selain itu, keberadaan RT dan RW paling efektif difungsikan sebagai satgas pendukung, demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19. “Butuh peran serta TNI dan Polri dalam menertibkan itu, karena pandemi COVID-19 ini belum berakhir hingga ditemukan vaksinnya. Akan segera dilakukan running awal di beberapa titik yang sudah terbentuk kampung tangguh,” terangnya.

Sementara itu update penyebaran COVID-19 hingga Rabu (27/5/2020) sejumlah 16 orang positif dengan rincian 6 orang sembuh, 9 orang dalam perawatan dan 1 orang meninggal dunia. (Aulia Puspita/Fastabiqul Khoirot)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done