Wabup Probolinggo Pimpin Sidak Ketersediaan Masker dan Hand Sanitizer - Lensa Update
Trending
Loading...

17/03/20

Wabup Probolinggo Pimpin Sidak Ketersediaan Masker dan Hand Sanitizer

Kraksaan, Lensaupdate.com – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko memimpin inspeksi mendadak (sidak) ketersediaan dan harga masker dan hand sanitizer yang digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo bersama sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Senin (16/3/2020) pagi.

Turut serta dalam sidak ketersediaan dan harga masker dan hand sanitizer ini anggota Satgas Pangan Kabupaten Probolinggo yang juga Kanit Tipiter Polres Probolinggo Ipda Djuwantoro Setyo, Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi, Kabag Perekonomian dan SDA Susilo Isnadi serta perwakilan dari Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian , Satpol PP dan Forkopimka Kraksaan.

Kegiatan sidak ketersediaan dan harga masker dan hand sanitizer ini dilakukan sebagai upaya untuk mendukung percepatan pencegahan penyebaran virus Corona COVID-19 di Kabupaten Probolinggo.

Sidak pertama dilakukan di Apotik Graha Sehat Kraksaan. Kedatangan orang nomor dua di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo dan rombongan disambut oleh manajemen dari Apotik Graha Sehat Kraksaan. Pemilik apotik menyampaikan bahwa sejak beberapa hari terakhir stok masker dan hand sanitizer kosong.

Hal yang sama juga terjadi di Apotik KPRI Waluyo Jati Kraksaan. Bahkan sebelum masukpun, sudah ada tulisan yang terpampang di kaca jika masker dan hand sanitizer stoknya sedang kosong. Meskipun demikian Wabup Timbul meminta kepada petugas apotik agar senantiasa memakai masker ketika melayani pembeli. Sebab penyebaran Virus Corona COVID-19 sangat cepat.

Sidak ketersediaan masker dan hand sanitizer selanjutnya dilakukan di Diva Swalayan Kraksaan. Rombongan Wabup Timbul ini diterima langsung oleh Manager Diva Swalayan Kraksaan. Sama halnya dengan dua tempat sebelumnya, di pusat perbelanjaan di Kota Kraksaan ini stok masker dan hand sanitizer juga kosong.

“Dari hasil pemantauan yang kami lakukan di apotik dan pusat perbelanjaan, rata-rata stok masker dan hand sanitizer langka dan kosong. Kalaupun ada itu harganya mahal sehingga mereka tidak berani untuk membelinya,” kata Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko kepada sejumlah awak media.

Terkait dengan kekosongan masker ini Wabup Timbul menyampaikan masih akan dicarikan solusinya. Paling tidak ada upaya dari Pemerindah Daerah untuk menjaga ketersediaan masker walaupun terbatas. “Sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona COVID-19, kami selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan semua pihak,” jelasnya.

Untuk mencegah menyebarnya virus Corona COVID-19 tersebut Wabup Timbul meminta masyarakat mengurangi kerumunan massa demi menjaga kesehatan diri dan keluarganya. “Masker itu hanya dipakai oleh orang yang sakit. Kalau tidak sakit buat apa memakai masker. Ini penting supaya masker ini tidak langka tatkala benar-benar dibutuhkan,” tegasnya.

Wabup Timbul juga meminta kepada segenap pemilik pusat-pusat keramaian dan perbelanjaan agar selektif terhadap semua pengunjungnya. Jika ada pengunjung hendaknya di tes terlebih dahulu menggunakan thermogun sebelum masuk. “Apabila ditemukan masyarakat yang panasnya melampaui batas, maka segera memeriksakan diri ke pusat pelayanan kesehatan terdekat,” pungkasnya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done