Gita Laut, Tanam Ribuan Mangrove dan Cemara Laut - Lensa Update
Trending
Loading...

13/03/20

Gita Laut, Tanam Ribuan Mangrove dan Cemara Laut

Dringu, Lensaupdate.com – Sebagai rangkaian kegiatan Festival Pantai Bandar Segara di Dusun Bandaran Desa Dringu Kecamatan Dringu, ratusan masyarakat bersama siswa sekolah Adiwiyata melakukan aksi Gerakan Cinta Laut (Gita Laut) berupa penanaman mangrove dan cemara laut, Kamis (12/3/2020).

Gita Laut yang dimulai pada pukul 06.00 WIB ini juga dilakukan dengan aksi bersih-bersih Pantai Bandar Segara dari tumpukan sampah. Terlihat puluhan siswa dan masyarakat berjalan menyusuri pinggiran pantai sambil membawa kantong plastik untuk memungut sampah yang berserakan.

Untuk mendukung kegiatan tersebut juga dilakukan penanaman pohon mangrove dan cemara laut oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE didampingi Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si, Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Muhammad Yusuf dan Forkopimda Kabupaten Probolinggo.

Dalam kegiatan Gita Laut ini telah dilaksanakan bersih pantai dan penanaman bibit mangrove sejumlah 1.500 batang dan cemara laut 50 batang dengan melibatkan masyarakat dan siswa sekolah Adiwiyata.

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE menyampaikan Gita Laut adalah sebuah gerakan untuk menumbuhkan rasa cinta dan ikut memiliki dari masyarakat terhadap sumberdaya pesisir dan laut yang ada di sekitarnya, sehingga masyarakat bisa “Rumangsa Melu Handarbeni, Rumangsa Wajib Hangrungkebi”. Yakni berperan serta dalam menjaga dan melindungi kelestarian dan keberlangsungan alam pesisir dan laut sekitarnya.

“Saya sangat mengapresiasi dengan adanya keterlibatan masyarakat dan siswa sekolah yang telah bersama-sama melakukan gerakan bersih pantai dan penanaman mangrove di Pantai Bandar Segara,” katanya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done