DPKH Probolinggo Lakukan Pengawasan Fasilitas RPH - Lensa Update
Trending
Loading...

26/02/20

DPKH Probolinggo Lakukan Pengawasan Fasilitas RPH

Krejengan, Lensaupdate.com – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo melakukan pengawasan fasilitas RPH (Rumah Potong Hewan) di RPH Krejengan dan Maron, Selasa (25/2/2020).

Pengawasan fasilitas RPH ini dipimpin oleh Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner, Pengolahan dan Pemasaran DPKH Kabupaten Probolinggo drh Yukti Widiatmaningsih didampingi Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner DPKH Kabupaten Probolinggo drh. Nikolas Nuryulianto serta petugas teknis RPH Krejengan dan Maron.

Dasar hukum kegiatan ini adalah Undang-undang Nomor 18 Tahun 2009 jo UU Nomor 14 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas UU Nomor 18 Tahun 2009 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, khususnya pasal 61 dan 62 serta Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) RI Nomor 13 Nomor 2010 Tentang Rumah Potong Hewan dan Unit Penanganan Daging.

Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Yahyadi melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner, Pengolahan dan Pemasaran drh Yukti Widiatmaningsih mengharapkan agar RPH harus selalu dijaga kebersihannya dan tidak boleh berbau. Karena akan mencemari daging yang akan dipasarkan. “Para petugas RPH harus selalu stanby di RPH saat para jagal membawa ternaknya yang akan dipotong,” harapnya.

Sementara Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner DPKH Kabupaten Probolinggo drh. Nikolas Nuryulianto mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk melihat ketersediaan sarana prasarana RPH, persiapan menjelang penilaian NKV serta pembinaan kepada petugas RPH.

“Para petugas RPH harus segera mengusulkan sarana apa saja yang akan dibutuhkan tahun 2021 ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo agar bisa diajukan saat penyusunan RKA tahun 2021,” katanya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Lensa Update, Mengabarkan Secara Lugas.
Done