-->
  • Jelajahi

    Copyright © Lensa Update
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Recent Posts

    UMKM Pilar Penyangga Kekuatan Perekonomian NKRI

    6/8/21, 06:03 WIB Last Updated 2021-06-07T23:03:09Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Kanigaran, Lensaupdate.com - UMKM merupakan pilar penyangga kekuatan perekonomian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Data dari Kementerian Koperasi dan UKM RI menunjukkan bahwa sektor UMKM memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap pendapatan domestik bruto dan mampu menyerap tenaga kerja yang sangat banyak.

    Hal tersebut disampaikan oleh Ketua TP PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin saat membuka Sosialisasi Mewujudkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Produktif di Masa Pandemi Covid 19 di Pendapa Kecamatan Kanigaran, Senin (7/6/2021).

    "Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, pendapatan UMKM mengalami penurunan yang sangat signifikan. Bahkan, sampai ada yang gulung tikar atau merumahkan sebagian karyawannya hanya untuk agar tetap bertahan,” katanya.

    Istri Wali Kota Probolinggo ini menerangkan di masa pandemi Covid-19 UMKM diharapkan dapat tetap produktif dan mampu memasarkan produknya. Sehingga mampu menjadi kekuatan penyangga ekonomi nasional dan sebagai tulang punggung dalam menggerakkan ekonomi secara dinamis.Diperlukan pendampingan dan pembinaan untuk mempertahankan agar UMKM bisa survive dan terus produktif.

    “Ini tugas kita bersama. Sebagai kader PKK yang berperan ikut meningkatkan pertumbuhan UMKM dengan membuat berbagai pemberdayaan, pembinaan dan pendampingan kepada pelaku usaha sekaligus memberikan contoh. Serta mengedukasi masyarakat untuk bela dan beli produk dalam kota. Selain bisa memenuhi kebutuhan kita, juga bisa membantu para UMKM supaya perekonomian tetap bergerak,” jelasnya.

    Sementara Ketua TP PKK Kecamatan Kanigaran Lucia Aries Yuliyanti menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan dan memanfaatkan potensi dan sumber daya keluarga dalam rangka pemenuhan kebutuhan dan peningkatan perekonomian masyarakat.

    "Selain itu, meningkatkan serta memberdayakan ekonomi keluarga melalui pengembangan ekonomi kreatif dan UMKM. Disamping juga pengembangan UMKM yang diharapkan sebagai solusi dari sistem perekonomian yang mengantarkan masyarakat siap bersaing dalam pasar global yang berimbas pada memperluas lapangan kerja, pemerataan pendapatan serta terciptanya kewirausahaan,” ujarnya.

    Kegiatan yang digelar oleh TP PKK Kecamatan Kanigaran ini diikuti oleh 50 orang peserta terdiri dari UMKM se-Kecamatan Kanigaran. Sebagai narasumber berasal dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Kota Probolinggo. (Redaksi)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini