-->
  • Jelajahi

    Copyright © Lensa Update
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Recent Posts

    Segera Bentuk Kampung Olahraga di Lima Kecamatan

    6/2/21, 16:29 WIB Last Updated 2021-06-02T09:29:51Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Dringu, Lensaupdate.com - Mulai tahun 2021, Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo membuat sebuah terobosan baru di bidang olahraga berupa pembentukan Kampung Olahraga. 

    Sebagai pilot project, Kampung Olahraga ini akan dibentuk di 5 (lima) kecamatan meliputi Kecamatan Tongas, Banyuanyar, Dringu, Paiton dan Sumber. Tetapi harapannya dalam waktu 3 (tiga) tahun ke depan semua desa tuntas.

    “Untuk saat ini, Kampung Olahraga ini akan dibentuk di satu desa dalam setiap kecamatan. Namun dalam waktu 3 tahun, semua desa sudah terbentuk Kampung Olahraga,” kata Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto.

    Menurut Sugeng, Kampung Olahraga ini dibentuk dengan tujuan bagaimana bisa membudayakan masyarakat tentang pentingnya olahraga. Selain itu mempersiapkan secara dini atlit-atlit cilik di desa yang saat ini masih berada di jenjang SD, madrasah atau setara dengan SD. 

    “Inilah yang akan kita coba untuk menggali potensi mereka. Karena tahun 2024, kita akan menjadi tuan rumah Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) Jawa Timur. Sehingga harus benar-benar menyiapkan atlit-atlit berprestasi secara dini,” jelasnya. 

    Tapi yang terpenting jelas Sugeng, bagaimana Pemerintah Daerah akan memfasilitasi masyarakat agar gemar berolahraga di masing-masing desanya. Namun hal ini tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah saja. Sebab ada 4 kelompok yang bertanggungjawab meliputi pemerintah, dunia usaha, media dan masyarakat. 

    “Empat kelompok ini akan kita sinergikan bagaimana bisa bekerja bersama-sama untuk membranding dan menjadikan sebuah kegiatan nyata di masing-masing desa. Karena harapan kita dengan masyarakat yang sehat dan cerdas ini akan melahirkan bibit-bibit ke depan untuk menjadi pemimpin yang cerdas,” terangnya.

    Sugeng menerangkan pembentukan Kampung Olahraga ini dilakukan karena pada tahun ini pihaknya sudah memberikan semacam sosialisasi kepada seluruh desa bahwa ke depan satu desa memiliki satu lapangan olahraga. 

    “Sekarang teman-teman di desa sudah mulai bergerak, bagaimana mereka akan menyusun perencanaan itu terkait dengan kebutuhan lapangan dan lain-lain. Harapan kami ke depan semua desa di Kabupaten Probolinggo sudah mempunyai lapangan dan olahraganya aktif. Karena penting hari ini olahraga selain prestasi juga menyehatkan badan,” tegasnya.

    Lebih lanjut Sugeng menegaskan terkait persiapan untuk menjadi tuan rumah Porprov Jatim pada tahun 2024 mendatang, tentunya ada 2 (dua) persiapan yang harus dilakukan secara matang. Yakni persiapan terkait dengan infrastruktur dan atlit yang akan memperkuat cabor (cabang Olahraga) tersebut. 

    “Terkait infrastruktur, nanti akan kita sampaikan kepada Pimpinan, bagaimana OPD-OPD yang mengampu infrastruktur juga bisa menyiapkan perencanaan di tahun 2024. Kami di bidang pemuda dan olahraga akan menyiapkan bagaimana atlit yang akan turun di Porprov tersebut. Dua persiapan ini harus kita jalankan bersama-sama baik infrastrutur maupun atlitnya,” ujarnya.

    Untuk sekedar gambaran venue Porprov Jatim 2024 tambah Sugeng, sebenarnya sudah ada cukup banyak. Mulai dari lapangan sepakbola yang tinggal merenovasi serta kolam renang dan lapangan bola voli yang juga sudah tersedia.

    “Secara umum kita sudah ada, tinggal bagaimana membenahi sedikit-sedikit agar bisa memenuhi standart yang ada. Harapan kami, di masing-masing OPD yang mengampu infrastruktur betul-betul bisa merencanakan fisik ini dengan baik,” pungkasnya. (Desi Wulandari/Fastabiqul Khoirot)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini