-->
  • Jelajahi

    Copyright © Lensa Update
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Recent Posts

    744 Calhaj Batal Berangkat ke Tanah Suci

    6/6/21, 18:28 WIB Last Updated 2021-06-06T11:29:09Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
                                               Foto Ilustrasi/Net
    Kraksaan, Lensaupdate.com - Kementerian Agama (Kemenag) RI resmi melakukan pembatalan keberangkatan jamaah haji tahun 2021. Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 660 Tahun 2021 tertanggal 3 Juni 2021.

    Pembatalan keberangkatan jamaah haji tahun 2021 ini berimbas kepada 744 orang calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Probolinggo yang batal berangkat ke tanah suci. Ratusan calhaj ini terpaksa harus mengalami pembatalan pemberangkatan untuk kedua kalinya setelah tahun 2020 lalu juga batal berangkat karena pandemi Covid-19.

    "Pembatalan ini murni karena pandemi covid-19 dan bukan karena Indonesia mempunyai utang kepada Arab Saudi seperti isu yang beredar saat ini," kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) pada Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo Sholehudin.

    Menurut Sholehudin, pihaknya sudah melaksanakan rapat dengan Kemenag Republik Indonesia dan Kemenag Jawa Timur. Dalam rapat itu ditegaskan kalau Indonesia tidak mempunyai utang kepada Arab Saudi. "Semua berita itu hoaks dan tidak benar," jelasnya.

    Sholehudin menurutkan, Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) juga sudah melaporkan kalau keuangan jamaah haji masih aman. Bahkan jika calhaj yang sudah melakukan pelunasan hendak diambil maka diperbolehkan. "Tapi uang pendaftarannya jangan diambil," ujarnya.

    Dari adanya kebijakan pengambilan pelunasan itu jelas Sholehudin cukup membuktikan kalau keuangan calhaj masih ada. "Kami meminta masyarakat tidak perlu khawatir dan tidak termakan isu hoaks yang beredar," tegasnya.

    Sesuai jadwal, semula calhaj Kabupaten Probolinggo sebanyak 744 orang akan berangkat pada 15 Juni 2021 mendatang. Namun dengan adanya pembatalan keberangkatan ini, mereka pun harus menunda untuk berangkat ke tanah suci paling tidak sampai tahun depan. (Redaksi)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini