-->
  • Jelajahi

    Copyright © Lensa Update
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Recent Posts

    Pemkab Probolinggo Lakukan Perekaman dan Pencetakan e-KTP Bagi Warga Binaan Rutan Kraksaan

    5/11/21, 14:31 WIB Last Updated 2021-05-11T07:31:11Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Kraksaan, Lensaupdate.com – Sebagai upaya jemput bola terhadap mayarakat yang masih belum memiliki dokumen kependudukan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) memberikan pelayanan perekaman dan pencetakan KTP elektronik di Rutan Kelas IIB Kraksaan, Senin (10/5/2021).

    Perekaman dan pencetakan KTP elektronik ini diikuti oleh seluruh warga binaan asal Kabupaten Probolinggo yang belum melakukan perekaman atau karena KTP elektronik yang dimilikinya hilang. Kegiatan yang dilakukan di masa pandemi Covid-19 ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

    Kepala Dispendukcapil Kabupaten Probolinggo Munaris melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Suliyati mengatakan program perekaman dan pencetakan KTP elektronik ini dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan capaian terhadap perekaman KTP elektronik.

    “Karena pada tahun 2021 ini untuk perekaman itu harus mencapai 99%. Kami kemarin sudah memenuhi target sebetulnya tahun 2020 tapi untuk nasional menentukan 98%,” katanya.

    Menurut Suliyati, pelayanan di Rutan Kelas IIB Kraksaan ini fokus kepada perekaman dan pencetakan KTP elektronik. Sesuai data ada sekitar 33 orang yang terdaftar, tetapi pada kenyataannya jumlahnya lebih dari 40 orang.

    “Sebagian dari mereka belum melakukan perekaman sama sekali dan sebagian belum punya data sehingga kami harus mengentry ulang data dia dan selanjutnya ada yang hilang,” jelasnya.

    Selain di Rutan Kelas IIB Kraksaan jelas Suliyati, pihaknya juga memberikan pelayanan serupa di desa-desa termasuk juga ada rencana di panti jompok dan panti asuhan. Hanya saja pihaknya masih menunggu data dari Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo.

    “Melalui pelayanan ini harapannya masyarakat, khususnya yang ada di Rutan Kelas IIB Kraksaan memiliki dokumen kependudukan. Karena sekarang KTP elektronik merupakan salah satu syarat untuk mengurusi kebutuhan masyarakat salah satu bantuan, bank dan sekolah,” tegasnya.

    Sementara Kepala Rutan Kelas IIB Kraksaan Bambang Irawan mengaku sangat terbantu sekali dan menyampaikan ucapan terma kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo. Sebab bagaimanapun juga warga binaan yang ada di dalam Rutan ini mayoritas adalah penduduk Kabupaten Probolinggo. 

    “Jadi mereka sangat terbantu sekali dengan adanya perekaman e-KTP ini. Harapan ke depan mudah-mudahan program ini bisa lebih ditingkatkan kembali, karena Rutan ini sistemnya selalu bergerak, ada yang bebas dan ada yang datang,” ujarnya. 

    Oleh karena itu ke depan Bambang Irawan mengharapkan kerja sama ini bisa terjalin secara kontinue karena sangat membantu sekali untuk program perekaman e-KTP. Terlebih warga binaan sangat antusias sekali mengikuti kegiatan ini.

    “Mungkin KTP mereka hilang atau didalam penyidikan disita oleh polisi, sehingga selama berada disini tidak bisa mengurus kalau tidak ada program ini. Mungkin mereka baru bisa mengurusnya setelah bebas. Jadi sangat terbantu dengan kegiatan perekaman e-KTP di dalam Rutan Kelas IIB Kraksaan,” pungkasnya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini