-->
  • Jelajahi

    Copyright © Lensa Update
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Recent Posts

    Pemenang Lomba Inovasi Daerah Terima Tropy, Piagam dan Uang Pembinaan

    5/20/21, 15:30 WIB Last Updated 2021-05-20T08:30:38Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Kraksaan, Lensaupdate.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo memberikan apresiasi sekaligus penghargaan khusus bagi instansi dan masyarakat yang berprestasi dalam Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Probolinggo Tahun 2021 yang digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Probolinggo. 

    Penghargaan bagi pemenang Lomba Inovasi Daerah tahun 2021 ini diserahkan oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono dalam upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-113 tahun 2021, Kamis (20/05/2021) pagi di halaman depan Kantor Bupati Probolinggo.

    Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Probolinggo tahun 2021 ini memperlombakan empat bidang inovasi diantaranya Bidang Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik, Bidang Energi dan Lingkungan Hidup, Bidang Pendidikan dan TIK serta Bidang Agribisnis.

    Untuk Bidang Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik juara 1 diraih Puskesmas Maron dengan inovasi Pelita Hatiku, Bidang Energi dan Lingkungan Hidup juara 1 diraih Universitas Panca Marga dengan inovasi Tabung Pirolisis Asap Cair Limbah Sekam Padi sebagai desinfektan hama, gulma dan pengusir lalat guna meningkatkan kesejahteraan petani dan peternak di Kabupaten Probolinggo.

    Selanjutnya Bidang Pendidikan dan TIK juara 1 diraih Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo dengan inovasi Buku Balebung Sarana Jitu Menanamkan Konsep Awal Menulis Huruf Baku dan Memperbaiki Tulisan Tidak Baku serta Bidang Agribisnis diraih Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo dengan inovasi BUMI KRAKSAAN (Budidaya Udang vanaMel Kolam bundaR menggunAKan raS di media Air laut buatAN).

    Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah bersama-sama terlibat langsung dalam Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Probolinggo tahun 2021 dengan harapan inovasi tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo. 

    “Saya sampaikan selamat kepada para pemenang Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Probolinggo Tahun 2021. Semoga semakin memotivasi kita semua untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” harapnya.

    Terpisah Kepala Bappeda Kabupaten Probolinggo Santiyono mengatakan Lomba Inovasi Daerah ini merupakan amanah dari Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah. 

    “Di mana didalam ketentuan tersebut setiap Pemerintahan Daerah dapatnya melakukan inovasi-inovasi di masing-masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Inovasi ini hukumnya wajib baik OPD maupun masyarakat luas,” ujarnya.

    Menurut Santiyono, Lomba Inovasi Daerah ini diharapkan nanti hasilnya bisa diimplementasikan di masyarakat maupun di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Tindak lanjutnya nanti seluruh hasil karya dari peserta dimasukkan dalam aplikasi Kementerian Dalam Negeri RI dan akan dievaluasi.

    “Dari seluruh inovasi yang masuk nantinya akan dibagi dalam 2 (dua) kategori. Untuk kategori pelayanan publik berada di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan untuk masyarakat itu ada di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI yang akan dievaluasi setiap tahun," jelasnya.

    Selanjutnya dari hasil evaluasi tersebut ada penghargaan berupa Inovasi Award. Apabila bisa masuk 10 besar maka akan mendapatkan penghargaan maupun Dana Insentif Daerah (DID) untuk pembangunan daerah. 

    "Tahun kemarin kita mendapatkan apresiasi sangat inovatif. Untuk tahun ini pada bulan Juni sudah input seluruh inovasi yang ada. Nanti sekitar bulan Oktober atau Nopember 2021 baru akan dilakukan evaluasi. Mudah-mudahan bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan mendapatkan DID," harapnya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini