-->
  • Jelajahi

    Copyright © Lensa Update
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Recent Posts

    Konsumsilah Makanan Sehat Saat Menjalankan Puasa

    4/26/21, 20:40 WIB Last Updated 2021-04-26T13:40:44Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Kraksaan, Lensaupdate.com - Bulan Ramadhan adalah bulan suci dimana umat muslim seluruh dunia menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Tetapi ingat, saat puasa kita harus tetap sehat dan bugar dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

    “Ada beberapa tips agar tetap sehat dan tetap bugar dalam menjalankan ibadah puasa terutama di saat pandemi  Covid-19 seperti ini. Jangan malas makan sahur. Hal ini penting karena kita perlu memenuhi kebutuhan energi selama berpuasa dan bermanfaat mengontrol kadar gula darah,” kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica.

    Selanjutnya, mengontrol porsi makan. Saat buka puasa jangan lantas balas dendam semua mau dimakan. Lambung yang lama kosong akan kaget saat kita secara banyak makan, perut dapat menjadi kembung. Agar perut kita tidak kaget, berbukalah dengan makanan yang ringan makanan utama dan jangan lupa berdoa.

    “Penuhi kebutuhan zat gizi/ nutrisi. Usahakan saat sahur/berbuka, makanan bisa memenuhi zat gizi lengkap (karbohidrat, protein hewani/nabati, sayuran dan buah). Penuhi kebutuhan cairan antara buka puasa dan sahur. Usahakan minimal 8 gelas per hari,” jelasnya.

    Menurut Dewi, pilihlah jenis karbohidrat kompleks. Sumber karbohidrat kompleks seperti roti gandum, pisang, kacang-kacangan dan nasi merah yang lebih mampu mencerna energi secara lambat sehingga lebih sesuai untuk bulan puasa. “Banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Makanan dengan kandungan serat tinggi akan dicerna dalam waktu lama sehingga bisa membantu menahan lapar,” tegasnya.

    Lebih lanjut Dewi meminta agar senantiasa minum suplemen bila perlu. Perlu diingat bahwa suplemen bukan pengganti makanan sepenuhnya, hanya sebagai pelengkap asupan untuk membantu menunjang kesehatan tubuh secara umum.

    “Kurangi makanan asin. Jenis makanan yang ditambahkan garam saat proses pengolahan. Misalnya makanan kalengan, ikan asin dan junk food bisa membuat gampang haus saat puasa,” terangnya.

    Dewi meminta agar membatasi kafein. Jangan berlebihan minum teh/kopi karena kafein bisa memicu air keluar dari tubuh lebih banyak saat puasa melalui air kemih. “Kurangi makanan berlemak dan tinggi kadar gula. Makanan seperti olahan cokelat ataupun permen selain membuat mudah lapar juga bisa menjadi pemicu penambahan berat badan,” pungkasnya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini