-->
  • Jelajahi

    Copyright © Lensa Update
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Recent Posts

    DLH Kabupaten Probolinggo Sosialisasikan Pembangunan Sumur Resapan Bagi Warga Desa Sumber Kramat

    4/12/21, 21:42 WIB Last Updated 2021-04-12T14:42:46Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Tongas, Lensaupdate.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi pembuatan sumur resapan bagi warga Desa Sumber Kramat Kecamatan Tongas sebagai upaya pemulihan kerusakan lingkungan hidup.

    ”Pembangunan sumur resapan ini diperlukan karena berdasarkan data dari BPDASHL Brantas Sampean, lahan sangat kritis di Kabupaten Probolinggo pada tahun 2018 mencapai 12.446,3 hektar. Bila hal ini dibiarkan maka tidak menutup kemungkinan luasnya akan semakin bertambah setiap tahunnya,” kata Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi melalui Kasi Penanggulangan dan Pemulihan Kerusakan Lingkungan Hidup Ani Ardi Nariswari.

    Oleh karena itulah, Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui DLH berupaya memberikan pemahaman dan mendorong kepedulian masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya pemulihan kerusakan lingkungan melalui berbagai cara, salah satunya dengan pembangunan sumur resapan. 

    ”Dengan membangun sumur resapan diharapkan dapat menambah kuantitas air yang masuk ke dalam tanah sehingga dapat menyediakan cadangan air untuk kebutuhan hidup manusia,” jelasnya.

    Menurut Ani, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap upaya pemulihan kerusakan lahan serta merehabilitasi lahan kritis melalui kegiatan pembangunan sumur resapan yang akan dihibahkan oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui anggaran DLH kepada Desa Sumber Kramat sebagai salah satu desa rawan kekeringan di Kabupaten Probolinggo.

    “Selain itu, memberikan edukasi kepada masyarakat untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan dengan melakukan hal-hal sederhana. Misalnya dengan menanam dan memelihara pohon, tidak membuang sampah sembarangan, hemat penggunaan air dan sebagainya,” terangnya.

    Dengan kegiatan ini diharapkan ada komitmen dari masyarakat dan stakeholder untuk senantiasa melestarikan lingkungan dengan menjaga dan memelihara sumur resapan yang akan dihibahkan kepada Pemerintah Desa Sumber Kramat Kecamatan Tongas. (Aulia Puspita/Fastabiqul Khoirot)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini