-->
  • Jelajahi

    Copyright © Lensa Update
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Recent Posts

    Masuk Kelompok Rentan, Lansia Masuk Prioritas Sasaran Vaksin Covid-19

    3/2/21, 08:13 WIB Last Updated 2021-03-02T01:13:52Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Kraksaan, Lensaupdate.com - Kabupaten Probolinggo telah memasuki proses vaksinasi Covid-19 tahap 2 sejak hari Kamis, 25 Februari 2021. Dimana sasarannya adalah petugas pelayanan publik, ASN, TNI Polri, pedagang pasar, tenaga pendidik dan lansia.

    Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan lansia masuk prioritas sasaran vaksinasi karena lansia merupakan kelompok rentan sehingga kekebalan tubuhnya pun menurun seiring bertambahnya usia dan ketika lansia terinfeksi Covid-19, maka keadaannya semakin parah jika disertai penyakit penyerta.

    “Untuk pemberian vaksin Covid-19, lansia akan mendapatkan perlakuan khusus, salah satunya adalah mengenai jarak atau interval antara dosis 1 dan 2 yaitu lebih dari 28 hari,” katanya.

    Menurut Dewi, saat pemeriksaan sebelum vaksinasi, untuk suhu tidak boleh lebih dari 37,5 dan tekanan darah harus kurang 180/100 mmHg dari 28 hari. “Perlakuan skrining di meja 2 juga harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian,” jelasnya.

    Dewi menjelaskan data menunjukkan bahwa 10,7% penderita terkonfirmasi positif Covid-19 adalah lansia, dan 48,3% penderita meninggal karena Covid-19 adalah lansia. Hal tersebut yang menjadikan lansia masuk kedalam sasaran tahap 2. Namun untuk di Kabupaten Probolinggo sendiri, tahap 2 diprioritaskan untuk ASN, TNI, Polri, tenaga pendidik, kecamatan dan semua di lingkungan wilayah kecamatan.

    “Beberapa lansia dengan komorbid mungkin saja tidak dapat diberikan vaksinasi, sehingga disiplin protokol kesehatan merupakan cara agar kita dapat melidungi lansia-lansia atau orang yang rentan. Semoga sehat selalu,” pungkasnya. (Nabila Putri/Zidni Ilman)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini