-->
  • Jelajahi

    Copyright © Lensa Update
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Recent Posts

    Clean Up, DLH Kota Probolinggo Berhasil Kumpulkan 570 Kg Sampah

    2/21/21, 20:07 WIB Last Updated 2021-02-21T13:07:46Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Mayangan, Lensaupdate.com - Sebagai rangkaian dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo bersama dengan mitra lingkungan hidup melakukan aksi clean up dan berbagi masker kepada masyarakat, Minggu (21/2/2021). Dalam kegiatan yang dilakukan mulai pukul 07.00 hingga 09.00 WIB tersebut, mereka berhasil mengumpulkan 570 Kg sampah saat ditimbang di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Bestari.

    Berdasarkan data yang berhasil dihimpun dari situs resmi Pemkot Probolinggo, aksi clean up tersebut dilakukan di lima lokasi sasaran meliputi Jalan Pahlawan (pertigaan Jalan Niaga sampai pertigaan Jalan Cokroaminoto), Jalan Pahlawan (pertigaan Jalan Cokroaminoto sampai tempat cucian mobil menuju Brak), Jalan Dr Saleh, Jalan Dr Sutomo dan Alun-alun Kota Probolinggo.

    Aksi clean up ini melibatkan mitra lingkungan hidup meliputi Paguyuban Peduli Sampah (Papesa), Saka Kalpataru, Formalis (Forum Masyarakat Peduli Sungai), Laskar Hijau, Forjamansa (Forum Manajemen Sampah), Kwarcab, Paguyuban Becak, KPL (Kader Penggerak Lingkungan), Penyandang Disabilitas, Komtari (Komunitas Pelestari Keanekaragaman Hayati) dan Bebek Pro (Bersih-Bersih Kali Probolinggo).

    “Tidak disangka sampah yang dikumpulkan mencapai 500 Kg lebih. Kami berharap ke depan kegiatan seperti ini bisa terus dipertahankan," kata Kepala DLH Kota Probolinggo Rachmadeta Antariksa.

    Menurutnya, sampah yang masuk ke TPA terus meningkat. Bak penampungan pembuangan sampah yang luasannya sekitar setengah hektar sudah mencapai ketinggian 8 meter (2 meter ke bawah dan 6 meter ke atas). Tahun 2022-2023 DLH harus menyiapkan bak penampungan baru.

    “Menyikapi sampah yang terus meningkat ini kami terus mengedukasi masyarakat, ada tim mitra-mitra yang nantinya membantu Pemkot Probolinggo khususnya DLH. Solusi dari sampah ini adalah pengelolaan sampai melalui komposting, namun lagi-lagi sampah plastik terlalu banyak. Jadi pemilahan sampah di rumah-rumah harus terus digalakkan,” terangnya. 

    Di hari tersebut, DLH juga berbagi bingkisan berupa kelengkapan alat bekerja bagi dua pegiat lingkungan di Kota Probolinggo kepada Sukardi, pemilik Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Al Huda di Kelurahan Curah Grinting Kecamatan Kanigaran dan Basori, pengolah kompos, warga Jalan Soekarno Hatta Gang Sumber Penang Kelurahan Pilang Kecamatan Kademangan. (Aulia Puspita/Dimaz Akbar)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini