-->
  • Jelajahi

    Copyright © Lensa Update
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Recent Posts

    Pemkab Probolinggo Gelar Bimtek Penyelesaian Permasalahan Hukum

    11/9/20, 20:02 WIB Last Updated 2020-11-09T13:02:52Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Dringu, Lensaupdate.com – Sebagai upaya pencegahan pelanggaran hukum, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bagian Hukum menggelar bimbingan teknis (bimtek) penyelesaian permasalahan hukum. 

    Kegiatan ini dilaksanakan di 4 (empat) lokasi diantaranya Kecamatan Dringu, Banyuanyar, Maron dan Gending. Masing-masing lokasi diikuti oleh para kepala desa yang ada di setiap kecamatan.

    Senin (9/11/2020) siang, bimtek penyelesaian permasalahan hukum ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan Dringu. Kegiatan yang dibuka oleh Camat Dringu Siti Mu’alimah ini dihadiri narasumber dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo tentang administrasi pemerintahan dan Polres Probolinggo tentang pencegahan tindak pidana korupsi.

    Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Probolinggo Priyo Siswoyo melalui Kasubbag Bantuan Hukum Adhy Catur Indra mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah para kepala desa supaya lebih berhati-hati dalam proses penyelenggaraan pemerintahan yang di desa, khususnya dalam pengelolaan keuangan desa.

    “Diharapkan kegiatan itu jangan sampai terjadi fiktif. Jadi kegiatan itu harus terselenggara dan berjalan dengan baik serta kegiatan-kegiatan proyek harus berjalan tuntas. Kalaupun ada hal-hal yang berkaitan dengan kekurangan administrasi tentunya itu bisa dilakukan pembenahan dan sebagainya sepanjang tidak menimbulkan unsur kerugian negara,” katanya.

    Menurut Adhy, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Presiden RI Joko Widodo dan Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE yang menyampaikan bahwa lebih banyak ditekankan pada upaya pecegahan dari pada penindakan. Lebih baik dicegah dan lebih sering memberikan kegiatan seperti ini untuk memberikan kehati-hatian kepada para kepala desa.

    “Sudah banyak contoh kepala desa yang diproses hukum karena pada saat dia menjabat. Kasus-kasus ini yang menjadi contoh dan menjadi wujud kehati-hatian kepala desa agar kedepannya bisa lebih baik, apalagi hampir seluruh kepala desa di Kabupaten Probolinggo ini sudah mau purna jabatannya, sehingga harus lebih sangat berhati-hati sekali,” jelasnya.

    Melalui kegiatan ini jelas Adhy, koordinasi dan sinergi para kepala desa untuk berkomunikasi, bertanya dan berkonsultasi agak lebih diintensifkan supaya ketika ada ketidaktahuan informasi atau misalkan ada kesulitan berkaitan dengan adanya kendala-kendala kebijakan apakah dibenarkan secara hukum dan sebagainya apakah tidak bertentangan dengan peraturan undang-undangan.

    “Hal ini yang selama ini belum terjalin dengan baik. Harapan ke depan tentunya koordinasi dan sinergi kepala desa ini lebih baik mulai dari jajaran Pemerintah Daerah maupun Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo maupun Polres Probolinggo,” pungkasnya.

    Dalam kesempatan tersebut narasumber dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo maupun Polres Probolinggo berharap selalu sinergi dan berkoordinasi berkaitan dengan bagaimana kendala-kendala yang dihadapi oleh para kepala desa, baik dalam penyelegggaraan pemerintahan maupun pelayanan hukum.

    Sementara Camat Dringu Siti Mu’alimah menyampaikan ucapan terima kasih karena Kecamatan Dringu telah dipilih untuk ditempati kegiatan bimtek penyelesaian permasalahan hukum. Karena memang di desa itu banyak permasalahan-permasalahan hukum yang perlu ditangani atau dipecahkan bersama manakala kecamatan tidak bisa memfasilitasi, sehingga harus ke Bagian Hukum yang memang para APH merupakan mitra dari Bagian Hukum.

    “Kegiatan ini sangat tepat sekali dilaksanakan di kecamatan oleh Bagian Hukum. Karena kepala-kepala desa ini juga merupakan objek dari pelanggarnya. Jadi sangat tepat sekali kegiatan ini diarahkan kepada para kepala desa. Sebab memang perlu pemahaman dari APH untuk kepala desa supaya lebih berhati-hati ketika melaksanakan tugas,” harapnya. (Reny Kartika/Zidni Ilman)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini