-->
  • Jelajahi

    Copyright © Lensa Update
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Recent Posts

    Disperindag Kabupaten Probolinggo Berikan Pelatihan Pembuatan Minuman Rempah Sehat

    7/7/20, 21:09 WIB Last Updated 2020-07-07T14:09:27Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Leces, Lensaupdate.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan pembuatan minuman rempah sehat di UD Sumber Rejeki Desa Kerpangan Kecamatan Leces, Selasa (7/7/2020).

    Pelatihan pembuatan rempah sehat ini diikuti oleh 20 orang peserta dari Kecamatan Wonomerto, Bantaran dan Leces dengan narasumber Bu Indri selaku owner dari UD Sumber Rejeki.

    Kegiatan pembinaan dan pelatihan ketrampilan kerja bagi tenaga kerja dan masyarakat ini didanai dari alokasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun anggaran 2020.

    Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi melalui Kepala Bidang Perindustrian Sri Edi Lestarini mengungkapkan pelatihan pembuatan rempah sehat ini dilakukan dengan memanfaatkan potensi daerah yang ada.

    “Kebetulan di Kecamatan Leces ini ada salah satu IKM yang memproduksi pokak. Dimana pokak ini merupakan minuman rempah yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita, sehingga bisa menjaga agar jangan sampai terpapar COVID-19. Disini kita ingin membagi ilmu bagi IKM-IKM yang ada di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

    Menurut Sri Edi Lestarini, dalam pelatihan pembuatan rempah sehat ini mereka dilatih agar bisa membentengi diri dengan minuman rempah sehingga masyarakat bisa memanfaatkan potensi daerah sekitarnya seperti jahe, serreh dan lain sebagainya untuk menanggulangi wabah COVID-19 sehingga ketahanan tubuh bisa terjaga.

    “Sehingga untuk menjaga daya tahan tubuh, kita tidak hanya tergantung kepada obat-obatan kimia saja, tetapi juga bisa memanfaatkan semua tumbuhan yang ada di sekitar kita,” jelasnya.

    Lebih lanjut Sri Edi Lestarini menerangkan selama pandemi COVID-19, produksi dari para IKM menurun drastis, sehingga pihaknya mencoba mengalihkan produksi yang biasanya ke lain. Paling tidak bisa membuat minuman yang tidak hanya menyegarkan tetapi juga menyehatkan bagi tubuh dengan memanfaatkan potensi daerah masing-masing.

    “Ke depan saya ingin melestarikan potensi daerah dan resep daerah serta mengangkat daerah, khususnya melalui sirup pokak yang tidak ada duanya di Kabupaten Probolinggo. Rasanya enak sekali apalagi ditambah secang agar lebih segar dan menambah stamina,” terangnya.

    Sri Edi Lestarini menginginkan agar tidak hanya teh saja, tetapi sirup pokak juga bisa disuguhkan di masing-masing rumah tangga karena sangat bermanfaat sekali. “Saya mengharapkan dan berikhtiar bahwa Kabupaten Probolinggo mempunyai produk unggulan berupa minuman sirup pokak yang sangat menyehatkan,” harapnya. (Reny Kartika/Zidni Ilman)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini