-->
  • Jelajahi

    Copyright © Lensa Update
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Recent Posts

    Akhir Juni 2020, Hasil Panen Perikanan Tangkap Danau Capai 83,8 Ton

    7/16/20, 13:58 WIB Last Updated 2020-07-16T06:58:44Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Tiris, Lensaupdate.com - Sejak akhir tahun 2019 lalu, Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo melakukan restocking (penebaran kembali) ikan dan penenggelaman fish apartement (rumah ikan) di Ranu Segaran.

    “Alhamdulillah, saat ini nelayan sudah mulai merasakan manfaatnya. Hingga akhir Juni 2020, hasil panen perikanan tangkap di danau mencapai 83,8 ton. Terbesar dari hasil panen tersebut berasal dari Ranu Segaran yang berada di Desa Segaran Kecamatan Tiris,” kata Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kepala Bidang Perikanan Tangkap Hari Pur Sulistiono.

    Menurut Ipung, panggilan akrab dari Hari Pur Sulistiono, restocking ini merupakan sebuah upaya untuk menjaga stok ikan dengan menebar kembali benih ikan. Salah satu tujuannya untuk menjaga ketahanan pangan bagi masyarakat sekitar perairan umum seperti danau dan ranu.

    “Hasilnya baru terlihat saat ini. Sebab kegiatan ini tidak bisa langsung dirasakan tetapi menunggu waktu ikan berkembang dan besar. Ternyata disana sudah ada kearifan lokal, tidak boleh menangkap ikan dengan menggunakan obat. Ikan hanya boleh ditangkap dengan alat tangkap yang ramah lingkungan seperti menggunakan pancing dan jala,” jelasnya.

    Ipung menerangkan, saat melakukan restocking sedikitnya ada 200.000 ekor yang ditebar di perairan Ranu Segaran dengan rincian 100.000 ekor ikan wader dan 100.000 ekor ikan mas. “Ikan yang ditebar di Ranu Segaran ini adalah ikan asli Indonesia,” terangnya.

    Sebelum dilakukan penebaran ikan jelas Ipung, pihaknya juga melakukan penenggelaman fish apartement atau rumah ikan sebanyak 40 modul. “Rumah ikan ini salah satu tempat berlindung dari ikan-ikan sehingga bisa berkembang dengan baik,” tegasnya.

    Lebih lanjut Ipung menegaskan bahwa nelayan yang ada di sekitar Ranu Segaran baru bisa panen setelah 3 bulan dari awal penebaran. “Saat ini ikannya sudah besar-besar dari awalnya yang hanya 2 cm,” ungkapnya.

    Dengan adanya kegiatan restocking dan penenggelaman fish apartement ini Ipung mengharapkan masyarakat nelayan yang ada di perairan umum bisa merasakan manfaatnya dengan peningkatan pendapatan dari hasil tangkapan ikannya. “Serta kembalinya fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem yang seimbang dengan beragamnya jenis ikan yang hidup di habitat perairan umum,” harapnya. (Reny Kartika/Zidni Ilman)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini