-->
  • Jelajahi

    Copyright © Lensa Update
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Recent Posts

    KPRI KOPPI SEMI Kuripan Pelopor Pemanfaatan Teknologi Digital

    1/27/20, 22:57 WIB Last Updated 2020-01-27T15:57:19Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Kuripan, Lensaupdate.com - KPRI KOPPI SEMI Kecamatan Kuripan merupakan pelopor pemanfaatan teknologi digital berbasis aplikasi android dalam memberikan pelayanan dan informasi koperasi kepada seluruh anggotanya.

    Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo mengklaim bahwa pemanfaatan teknologi digital yang dilakukan KPRI KOPPI SEMI ini merupakan satu-satunya inovasi yang dilakukan oleh KPRI di Kabupaten Probolinggo.

    “Kami mengharapkan inovasi yang dilakukan oleh KPRI KOPPI SEMI Kecamatan Kuripan ini dapat menjadi motivasi bagi koperasi-koperasi lainnya di Kabupaten Probolinggo, khususnya KPRI,” kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto.

    Menurut Anung, koperasi dituntut untuk melakukan perubahan dan pembenahan diri, dari kondisi belum berubah menjadi sudah memenuhi kriteria dan persyaratan tata kelola yang baik (good cooperative governance).

    “Melalui inovasi di bidang organisasi dan manajemen yang memberikan manfaat dan nilai tambah bagi organisasi. Hal ini sebagai wujud personal garansi koperasi kepada anggota sebagai pemilik dan pengguna jasa koperasi. Sehingga terbangun kepercayaan dan kredibilitas koperasi di mata anggota, mitra dan stakeholder lain,” jelasnya.

    Anung menerangkan praktek-praktek terbaik berkoperasi (benchmarking and best practices) koperasi sukses pada KPRI KOPPI SEMI merupakan wujud good cooperative governance (tata kelola koperasi yang baik) dan customer experience (pengalaman pelanggan) setelah melalui proses re-design internalisasi dan organisasi menjadi organisasi koperasi yang sehat, transparan, akuntabel, mandiri, responsibel dan wajar dengan tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip koperasi.

    Sementara Ketua KPRI KOPPI SEMI Edy Supangkat mengungkapkan KPRI KOPPI SEMI di era industri 4.0 atau era digital sudah memiliki sistem informasi dari berbasis android. Sehingga dara dan informasi KPRI KOPPI SEMI sudah bisa diakses dan didownload di HP.

    “Data dan informasi yang dapat diakses diantaranya AD, ART, SOP dan SOM, simpanan per anggota, buku rancangan RARK, buku laporan RAT (Rapat Anggota Tahunan), neraca, perhitungan hasil usaha (rugi/laba), piutang perorangan/peranggota, jasa usaha/simpanan perorangan/peranggota serta form permohonan pinjaman dan informasi. Ini adalah bentuk dari transparansi manajemen KPRI KOPPI SEMI,” ungkapnya.

    Dengan adanya layanan berbasis digital ini jelas Edy, maka seluruh anggota KPRI KOPPI SEMI bisa memperoleh berbagai jenis informasi. Seperti anggota bisa mengetahui secara langsung SHU (Sisa Hasil Usaha) yang diperolehnya. “Mudah-mudahan dengan layanan berbasis digital ini, anggota bisa semakin mudah dalam mendapatkan segala informasi dari KPRI KOPPI SEMI,” harapnya.

    Sedangkan Ketua Dekopinda Kabupaten Probolinggo Joko Rohani Sanjaya menyampaikan bahwa layanan berbasis digital yang dilakukan oleh KPRI KOPPI SEMI ini merupakan bagian dari tata kelola koperasi yang baik. “Harapan ke depan semoga KPRI KOPPI SEMI menjadi koperasi yang sehat, tangguh dan mandiri,” harapnya. (Dewi Agustina/Zidni Ilman)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini